TRAVEL

Selasa, 07 Juli 2015

Tayangan Masa Kecil Generasi 90an


Minggu pagi merupakan hari yang paling ditunggu oleh anak-anak generasi 90an karena stasiun televisi begitu memanjakan anak-anak dihari liburnya. Masih ingat tayangan televisi yang berjaya pada masa 90an? Berikut ini beberapa kartun yang menghibur anak-anak Indonesia generasi 90an dihari minggu yang mungkin bisa saja membuka kembali memori masa kecilmu yang menyenangkan itu. Check this out !!



Doraemon


Siapa yang tidak kenal Doraemon? Doraemon merupakan robot kucing  yang tidak memiliki telinga layaknya kucing pada umumnya dan sangat takut dengan tikus. Doraemon punya kantong ajaib yang dapat mengeluarkan berbagai alat yang unik dan canggih yang sering disalahgunakan oleh Nobita. Doraemon merupakan anime yang ditulis oleh Fujiko F. Fujio sejak tahun 1969.


Kartun Doraemon menceritakan tentang sebuah robot kucing yang sengaja dikirimkan dari abad ke-22 untuk membantu seorang bocah pemalas bernama Nobita. Doraemon bertugas menolong Nobita sehingga keturunannya nanti tidak sengsara akibat kebodohan dan sifat pemalas Nobita saat ini. 



Dragon Ball


Dragon Ball merupakan salah satu anime yang sudah hadir sejak lama. Anime yang satu ini ditulis oleh Akira Toriyama dari tahun 1984 hingga 1995. Dragon ball sendiri berkisah tentang perjalanan hidup seorang bocah bernama Goku yang berusaha mengumpulkan 7 bola ajaib yang bernama Dragon Ball. Dragon Ball dikisahkan berupa 7 bola Kristal yang tersebar diseluruh dunia yang dapat mengabulkan permintaan apabila semuanya terkumpul.


“Kamehamehaa” adalah nama jurus pamungkas Goku. Tapi tau nggak sih kalau ternyata nama Kamehameha diambil dari nama Raja Hawaii. Kamehameha sendiri artinya tembakan gelombang penyu.



Captain Tsubasa


Tontonan ini mengangkat latar belakang dunia persepakbolaan di mata anak-anak. Tokoh utamanya adalah Tsubasa Ozora. Tsubasa adalah seorang anak SD yang baru saja pindah ke Nankatsu. Ketika masuk ke sekolah barunya, dia langsung masuk ke klub sepak bola dengan Ishizaki sebagai kapten. Mereka selalu diganggu oleh klub lain yang dipimpin oleh Genzo Wakabayashi. Mereka lalu bertanding, bila Nankatsu bisa membuat satu gol, maka mereka diizinkan memakai lapangan. Awalnya, Nankatsu selalu kebobolan dan Tsubasa didaulat menjadi bek.Ketika pertandingan hampir selesai, tanpa diduga Tsubasa berhasil mendapatkan bola dan menceploskannya ke dalam gawang. Sesuai perjanjian, Wakabayashi tidak akan mengganggu mereka lagi. Maka dimulailah petualangan Tsubasa menjadi pemain terbaik di dunia. Yeaay, karena bola adalah teman.



Detective Conan


Detective Conan merupakan serial anime yang bergenre detekif. Kartun ini ditulis oleh Gosho Aoyama sejak tahun 1994. Serial kartun ini menceritakan tentang seorang anak SMA yang bernama Shinichi Kudo yang memiliki kemampuan handal sebagai seorang detektif. Namun nasib malang menimpanya ketika tubuhnya mengecil akibat racun yang diminumkan kepadanya. Sehingga hadirlah sosok baru bernama conan yang tak lain adalah Shinichi yang mengecil. 


Detective Conan juga hadir dalam Detective Conan Movie (saat ini sudah 19 film) dan dalam versi manusia dalam Live Action Movie. FYI, Conan series belum tamat lho. Saat ini sudah lebih dari 900 chapter dan pemimpin Black Organization masih menjadi misteri.



Spongebob Squarepants


Who lives in pineapple under the sea? Spongebob squarepants!!
SpongeBob SquarePants adalah sebuah serial di Nickelodeon yang diciptakan oleh Stephen Hillenburg, seorang animator dan ahli biologi laut.
Tokoh utama Spongebob adalah sebuah spons laut berwarna kuning yang hidup bersama peliharaannya, Gary seekor siput laut di kota Bikini Bottom di Samudera Pasifik. Spongebob bertetangga dengan sahabatnya Patrick (bintang laut) dan  Squidward (gurita) yang tidak senang bersosialisasi, memiliki sifat penggerutu, dan hobi bermain klarinet.


Kelucuan-kelucuan dalam cerita serial ini bersumber dari perilaku sehari-hari Spongebob yang polos, optimis, selalu ceria, dan memiliki prasangka baik terhadap siapapun. Terkadang perilaku ini membawa bencana, dimanfaatkan, atau terjadi salah paham kala disatukan dengan sifat-sifat mahluk lain yang tinggal di Bikini Bottom.



Pokemon


Pokemon (Pocket Monster) , adalah film animasi asal jepang yang sangat mendunia. Siapa yang tak kenal dengan tokoh monster-monster yang ada di dalamnya, Pikachu misalnya. Serial season satu menceritakan tentang Ash Ketchum alias Satoshi bersama teman-temannya dan ambisinya untuk menjadi seorang Pokémon Master. Ash memilih Pikachu untuk menjadi Pokémon pertamanya sekaligus team partnernya. Jalan cerita serial Pokémon adalah tentang hubungan pertemanan antara Ash (Satoshi),  Pikachu,  Misty(Kasumi),  Brock(Takeshi), May(Haruka).



Samurai X (Rurouni Kenshin)



Rurouni Kenshin diangkat dari manga karangan Nobuhiro Watsuki yang bercerita tentang seorang samurai dari kelompok Chosu yang telah berhasil memenangkan pertempuran pada zaman ke-shogun-an Tokugawa yang pada akhirnya membentuk zaman baru di Jepang yang disebut zaman Meiji.

Pada masa ini, Kenshin Himura atau lebih dikenal sebagai "Hitokiri Battousai" atau Batosai si pembantai, menyesali perbuatannya di masa lampau yang telah membunuh banyak orang, dan dia bersumpah untuk tidak membunuh seorangpun di masa ini. Untuk itu Kenshin menggunakan pedang "Sakabatou", yang bermata tajam terbalik.



Chibi Maruko Chan



Chibi Maruko Chan merupakan serial anime yang diangkat dari manga besutan Momoko Sakura. Kartun ini menceritakan pengalaman masa kecil pengaranganya. Dalam ceritanya Maruko adalah anak kelas 3 SD yang berasal dari keluarga menengah kebawah. Sifatnya pemalas, nilainya selalu buruk dan sering terlambat sekolah sangat bertentangan dengan kakaknya. 



Hachi (Honeybee Hutch)


Hachi anak yang sebatang kara pergi mencari ibunya...
Kalau kalian akrab dengan tayangan ini, artinya masa kecil kalian penuh air mata, hihihi.
Honey Bee Hutch merupakan film kartun dari Jepang yang diproduksi oleh Tatsunoko Productions. Versi aslinya mempunyai judul lengkap “The Adventures of Hutch the Honeybee”. 


Film kartun ini bercerita tentang petualangan seekor lebah kecil bernama Hutch, atau di versi indonesianya bernama Hachi. Nah, alasan awal kenapa Hachi memutuskan bertualang yaitu untuk mencari ibunya. Ibu Hachi adalah seekor Ratu Lebah, dan mereka terpisah karena terjadi serbuan ketempat tinggalnya. Mama, mama, dimanakah kau beradaaa...



Crayon Shinchan


Crayon Shinchan adalah serial anime yang menceritakan tentang seorang bocak TK yang jahil dan sering membuat ulah. Crayon Shinchan ditulis oleh Yoshito Usui. Kepolosan dan tingkah lakunya yang membuat kartun ini selalu ditunggu-tunggu oleh anak-anak generasi 90an. 



Let’s & Go


Siapa yang dulu punya tamiya di rumah? Tamiya sempat booming di Indonesia dan hampir tiap anak minimal punya satu.
Let’s & Go merupakan salah satu kartun yang hadir paling awal di hari minggu. Kartun ini biasanya hadir sejak jam 6 pagi. Kartun ini bercerita tentang mobil Tamiya yang dimainkan banyak orang untuk mengadu kecepatan dan skill di sirkuit pertandingan. Kartun ini memiliki 2 tokoh utama yaitu Retsu sebagai kakak dengan Tamiya yang bernama Sonic dan adiknya bernama Go yang menggunakan Magnum sebagai mobil Tamiyanya.



Sailor Moon


Setiap bertemu dengan musuh maka Sailor Moon akan mengatakan “Dengan kekuatan bulan akan menghukummu” yang terus terngiang hingga saat ini.


Sailor moon atau yang dikenal dengan nama Pretty Soldier Sailor Moon adalah sebuah anime yang dibuat oleh Naoko Takeuchi. Sailor Moon bercerita tentang 5 gadis cantik superhero dengan kekuatan super dari elemen alam dan tata surya untuk melawan musuh yang berasal dari kegelapan. Misi mereka yaitu mencari sang putri bulan dan Kristal perak.



P-Man


Serial kartun P-Man mungkin menjadi yang paling awal masuk ke Indonesia. P-Man pertama kali ditayangkan oleh TVRI Bandung pada tanggal 11 maret 1987 hingga 23 agustus 1993. Kemudian baru pada tahun 1995 kartun ini mulai ditayangkan oleh Indosiar seperti yang sering kita tonton. 


Kartun ini sendiri bercerita tentang seorang anak  SD yang ditugaskan untuk menjadi superhero penjaga bumi. Ceritanya semakin menarik karena sebagai seorang anak SD P-Man juga harus menjalankan kewajibannya yaitu belajar.



Digimon


Demam digimon (digital monster) sempat melanda Indonesia hingga mainan dan aksesorisnya pun turut dioleksi oleh anak-anak generasi 90an. Konon katanya digimon diciptakan oleh Akiyoshi Hongo. Digimon merupakan makhluk hidup digital semacam program kecerdasan buatan. Digimon sendiri memiliki bergai jenis dengan bentuk yang beragam serta jurus-jurus yang bervariasai. Digimon mampu berevolusi menjadi tingkat yang lebih tinggi namun juga dapat kembali ke bentuk sebelumnya.





Ninja Hattori


Ninja Hattori merupakan serial anime yang diadaptasi dari manga yang ditulis oleh Fujiko Fujio (Pengarang Doraemon). Kartun ini bercerita tentang seorang ninja bernama hatori yang berteman dengan Kenichi Mitsuba anak berumur 10 tahun. Hatori telah dianggap sebagai bagian dari keluarga Mitsuba bersama dengan adiknya Shinzou dan Shishimaru anjing ninjanya.



Hunter X Hunter


Hunter × Hunter adalah serial manga karya Yoshihiro Togashi, yang bercerita tentang anak laki-laki berusia 12 tahun bernama Gon Freecss, dan usahanya untuk menemukan ayahnya, Ging Freecss. Ging adalah seorang Hunter, yang dalam cerita Hunter × Hunter yaitu anggota dari suatu kelompok elit yang memiliki segala macam izin untuk melakukan apapun dimanapun.



Slam Dunk


Slam Dunk adalah sebuah manga  yang dikarang oleh Takehiko Inoue tentang sebuah tim bola basket dari SMA Shōhoku. Bercerita tentang Hanamichi Sakuragi, seorang berandalan yang telah 50 kali ditolak perempuan. Ia kemudian bertemu Akagi Haruko, gadis idamannya yang mengajurkan untuk bergabung dengan tim basket. Meskipun agak enggan, Sakuragi memutuskan untuk bergabung. Kaede Rukawa, musuh bebuyutannya bergabung pada saat yang sama. 2 pemain terbaik saat SMP, Hisashi Mitsui dan Ryota Miyagi keduanya juga bergabung dengan tim Shōhoku. Takenori Akagi, sang kapten bermimpi untuk  Shōhoku menjadi juara nasional. Bersama-sama, kelimanya membentuk tim yang kuat.





Saint Seiya (Seinto Seiya)


Manga karangan Masami Kurumada ini bercerita tentang lima pendekar yang diberi julukan "Saint" dan memiliki kekuatan berdasar pada pelindung tubuh (armor) yang disebut "Cloth", yang berasal dari konstelasi masing-masing pemiliknya. Setiap Saint memiliki kekuatan yang disebut "Cosmo". Mereka diberi tugas untuk melindungi Saori Kido, reinkarnasi  Dewi Athena. Tanpa diduga, salah satu Saint berkhianat dan memperdaya Saint lain untuk membunuh Saori bayi.


Saint Sagitarius yang menyadari kekeliruan berusaha menyelamatkan Saori. Ketika Sagitarius hampir tewas, dia menitipkan bayi Saori pada seorang konglomerat dan memintanya untuk membesarkan Saori. Setelah dewasa, Saori lalu mengumpulkan Saint-Saint yang dijadikan pelindungnya. Mereka bersumpah setia dibawah perintah Saori. Mereka lalu pergi ke Sanctuary untuk menggulingkan kekuasaan sesat Saint Gemini.


Kura-kura Ninja (Teenage Mutant Ninja Turtles)


Adalah cerita fiksi tentang empat ekor kura-kura mutan (Donatello, Michaelangelo, Leonardo, Raphael) yang dilatih oleh mahaguru mereka yaitu Guru Splinter agar menjadi pahlawan ninja yang mahir. Di sarang mereka di kota Manhattan, mereka melawan penjahat kecil, penjahat psikopat, dan makhluk asing, sambil memastikan diri mereka tidak diketahui masyarakat secara luas.




InuYasha



InuYasha (bahasa Jepang: inu berarti anjing dan yasha berarti siluman) merupakan manga dan anime karya Rumiko Takahashi.

Judul lengkap dari komik InuYasha ini ialah Sengoku o-togi zōshi InuYasha Menceritakan pertualangan InuYasha dan teman-temannya mencari Shikon No Tama (bola empat arwah) serta usaha InuYasha dan Sesshoumaru mengalahkan Naraku.


Serial di atas merupakan tayangan yang paling ditunggu-tunggu di hari minggu. Kamu generasi 90an? Yang mana favoritmu?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar